> Drone yang Ditemukan Ternyata Target Uji Misil Starstreak - Detik News

Drone yang Ditemukan Ternyata Target Uji Misil Starstreak

22 Agustus 2017


Drone Banshee yang terkena tembakan misil Starstreak namun tidak telak (photo : SindoNews) 

Drone yang Ditemukan di Pantai Ternyata Milik Inggris

GARUT - Pesawat tanpa awak yang ditemukan warga Desa Purbayani Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut ternyata milik negara Inggris. Drone itu jatuh ke laut saat dilaksanakan uji coba misil Starstreak bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), dan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, uji coba misil Starstreak dan drone Banshee yang merupakan pesawat tanpa awak, berlangsung di Landasan TNI AU Kampung Pangawaren, Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupateb Garut pada Sabtu (19/8/2017) sekitar pukul 06.00 WIB.

Sebanyak 10 Starstreak milik Inggris rencananya diuji coba. Kegiatan yang dipimpin oleh Letkol Cpl Sujoko (Koordinator dari Menhan RI) dan Elan dari PT LEN, selaku koordinator lapangan itu, diikuti 70 orang, termasuk 13 ahli dari Inggris.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Danpusen Arhanud Kodiklat TNI AD Brigjen TNI Nurcahyanto, Dirpalad Brigjen TNI Sigid, Kapuslaik Baranahan Kemhan Laksamana TNI Edi, Waaspam Kasad Kolonel Kav Steve P, Dirma Ditjen kuad Han Kemhan Kol Cpl U Sumarsono, Waasops Kasad Kolonel Kav A Purboyo.

Kadislitbangad diwakilkan Pa Ahli Matum Kol Arh Budi Suharto, Dirbinsen Pusen Arhanud Kodiklat TNI AD Kol Arh Glasisus P, Atase pertahanan Inggris di Indonesia Natsaha Danyauno, Kepala Balai Lapan Cikelet R Lingga, dan lain-lain.


Baterai misil Starstreak TNI AD (photo : IMF)

Sekitar pukul 09.00 WIB, dilaksanakan penerbangan pesawat drone Banshee yg akan digunakan untuk sasaran Startstreak. Kemudian pada 09.30 WIB, dilakukan tembakan pertama misil Starstreak terhadap drone Banshee 4534 yang dijadikan sasaran dengan jarak sasaran 2,1 km. Jarak waktu tembak 4 detik dari landasan. Namun hasilnya, tembakan itu meleset.

Selanjutnya pada 10.50 Wib dilaksanakan tembakan kedua. Uji coba kedua ini pun gagal, tembakan Starstreak tak mengenai sasaran. Kegiatan uji coba Starstreak tidak dilanjutkan karena dua kali tembakan tidak tepat sasaran. Sehingga sisa delapan roket batal diuji coba.

"Jadi benar drone itu bagian dari kegiatan uji coba misil Starstreak yang dilaksanakan oleh Kemhan dan Lapan. Saat ini, drone yang ditemukan warga sudh diambil oleh pihak Kemhan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (21/8/2017). 

(SindoNews)

0 Response to "Drone yang Ditemukan Ternyata Target Uji Misil Starstreak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel