> Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan - Detik News

Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan

Cara menciptakan penganan terkenal untuk daganganak sekolahan dari tempo dahulu ini mampu mengikuti resep es gabus pelangi pakai susu dan tanpa santan, atau mampu juga susu diganti dengan santan, maupun kombinasinya. Proses pembuatannya sangat gampang dan mudah dengan menggunakan tepung hunkwe selaku materi dasarnya.
Cara membuat jajanan populer untuk jualan anak sekolahan dari tempo dulu ini bisa mengikut Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan
Keunikan es gabus ini alasannya memiliki tekstur yang keras dan padat layaknya es, tetapi lembut saat digigit bahkan paling enak diemut, makanya populer dengan sebutan es gabus atau es busa. Tampilannya pun kian mempesona dengan menawarkan warna warni yang berlawanan pada setiap lapisnya.

Berikut cara membuates gabus yang lembut digigit serta yummy diemut beserta tips sederhana supaya warnanya mampu rapih di setiap lapisnya.

Resep es gabus :

  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 250 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 450 ml air
  • Pewarna atau pasta kue sesuai selera

Cara menciptakan es gabus :

  1. Campurkan air dengan susu, gula pasir, garam, aduk rata kemudian masukkan tepung hunkwe. Aduk adonan sampai betul-betul merata, selanjutnya bagi menjadi 3 bagian gabungan yang serupa banyak untuk menciptakan 3 lapis es gabus.
  2. Beri pewarna atau pasta kue pada masing-masing gabungan berdasarkan warna yang dikehendaki, aduk rata serta saring campuran jikalau perlu.
  3. Masak campuran untuk lapisan yang pertama hingga betul-betul mendidih (meletup-letup) dan adonan menjadi cukup kental namun masih bisa dituang (jangan terlalu encer, kekentalan akan mempengaruhi tekstur es gabus). Angkat dan tuangkan adoanan ke dalam cetakan/loyang persegi, bisa alasi loyang dengan alumunium foil atau plastik biar nantinya adonan es gabus menjadi sungguh gampang untuk dikeluarkan.
  4. Biarkan sebentar agar uapnya hilang atau lapisan pertama agak acuh taacuh, tips agar lapisan warnanya menjadi rapih atau tidak rusak ketika ditimpa lapisan selanjutnya. Sambil lanjutkan mengolah makanan campuran untuk lapisan kedua dengan cara yang serupa, begitu pula untuk lapisan ketiga.
  5. Sebelum memasukkan campuran lapisan berikutnya, tusuk-tusuk dengan garpu atau lidi biar setiap lapisan menjadi lebih merekat sehingga lebih mudah dikemas.
  6. Setelah semua adonan telah dimasukkan ke dalam loyang, berikutnya ialah mendinginkan campuran lapis tersebut. Agar lebih singkat mampu dimasukkan ke dalam kulkas bab bawah sampai adonannya padat, berikutnya keluarkan dari cetakan.
  7. Iris-iris sesuai dengan ukuran yang diinginkan (basahi pisau dengan air jika sedikit lengket), kemudian bungkus rapih dengan plastik. Tahap terkahir menyimpannya ke dalam freezer sampai membeku atau sudah menjadi es, es gabus pun sudah siap dikonsumsi.
Video penerapan resep es gabus kali ini dan tahap demi tahap proses cara membuat es gabus mampu kita saksikan di bawah ini. Untuk kombinasi yang pakai santan bisa juga dilihat di update terdahulu ➠ Resep Es Gabus Hunkwe Santan.
Jangan lupa perhatikan kekentalan campuran (jangan terlalu encer) untuk menghasilkan es gabus yang yummy dan pas teksturnya.
Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com/

0 Response to "Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel