> Resep Cilor Kotak Aneka Rasa - Detik News

Resep Cilor Kotak Aneka Rasa

Resep Cilor Kotak Aneka Rasa" width="400" />
Nah, ada juga yang menyebut cimin dengan cireng mini, mungkin alasannya aci yang digoreng dengan telur, bisa pakai cetakan kue cubit, martabak mini dan sebagainya atau cuma dengan wajan saja.

Berbeda dengan cilok, kelezatan cimin gaul Bandung sebab teksturnya yang lebih kenyal-kenyal empuk berpadu dengan aneka rasa pilihan dari bumbu tabur sampai kombinasinya. Jika membuatcimin untuk jualan, maka pilihlah mutu bumbu tabur yang tepat dan yang pasti mempunyai rasa yang lezat.

Bahan-materi Cimin :

  • 100 gram tepung aci (tapioka/kanji) atau tepung sagu
  • 1 sendok (10-15 gram) tepung terigu
  • ½ sdt merica/lada abu
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu debu
  • 1 siung bawang putih (haluskan)
  • 70 ml air mendidih
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Aneka bumbu tabur dengan rasa sesuai selera

Cara Membuat Cimin :

  1. Campurkan dan aduk rata tepung tapioka dengan terigu, merica, garam, kaldu bubuk, dan bawang putih halus.
  2. Tuang air panas mendidih secukupnya (akan mensugesti kekalisan adonan), selanjutnya aduk rata lalu uleni dengan tangan hingga campuran kalis.
  3. Agar adonan tidak mengering, secepatnya pipihkan campuran (menggunakan roll atau botol) dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Berikutnya potong-potong berupa kotak atau dadu kecil.
  4. Setelah itu, masukkan pecahan gabungan tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai betul-betul matang, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan cetakan (bisa cetakan kudapan manis cubit, martabak mini atau wajan saja), olesi dengan minyak goreng. Setelah panas, masukkan potongan adonan cimin.
  6. Kemudian tuang kocokan telur sesuai selera, serta balik supaya matang merata lalu angkat. Beri bumbu tabur dengan rasa yang disukai atau kombinasinya maupun cukup cuma dengan bon cabe. Aduk hingga cimin merata dengan bumbu lalu cimin sudah siap untuk dimakan.
Cimin Bandung lazimnya mempunyai teksur yang kenyal-kenyal empuk, untuk itu materi mampu memakai full aci dengan hasil yang betul-betul kenyal empuk (tapi nanti campuran jadi sangat lengket, ada juga tips yang menggunakan minyak goreng untuk menangani lengketnya). Atau mampu juga yang dipadukan dengan terigu, tetapi seperlunya saja semoga adonan tidak terlampau padat bahkan malah menjadi keras.
Tips dan cara sederhana menciptakan cimin atau cilor bisa kita saksikan pada video di atas. Cobalah sesuaikan dosis resep dulu, setelah sukses dan cocok maka tinggal dilipatgandakan saja takarannya.
Sumber https://resepmasakankreatif.blogspot.com/

0 Response to " Resep Cilor Kotak Aneka Rasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel